Tips Sebelum Pindah Kost

10 Tips Sebelum Pindah Kost

Jenuh melanda di hati, kadang pikiran mencuat bahwa diri ini sudah tidak betah di lingkungan ini. Perasaan untuk mencoba hal baru juga membara untuk merasakan suasana baru. Pergi berlibur pun ketika kembali ke kost masih jenuh. Terpikirkan untuk pindah kost, tapi, ingat! pindah tidak sembarang pindah. Ada etika dan norma dalam melakukannya, berikut tipsnya:

1. Pertimbangkan Alasan Untuk Pindah Kost.

Setiap perbuatan pasti ada tujuan, sama halnya seperti hukum Newton “F aksi=-F reaksi”, widiihh. Gak mungkin kan pindah kost alasannya cuma gabut? Tentu memiliki tujuan, semisal mencari kost yang lebih dekat dengan tempat belanja, tempat sekolah, atau lainnya, kemudian kemudahan akses masuk, bebas jam malam (fasilitas baru), ataupun lebih dekat dengan kostnya si doi.

Mempertimbangkan Alasan Untuk Pindah Kost

 2. Temukan Motivasi Baru Untuk Pindah Kost.

Sama halnya seperti tahun baru “tahun baru, pribadi baru yang lebih baik” dengan menganalogikannya menjadi “tempat tinggal baru, menjadi pribadi yang lebih baik” weh mulai lebay. Tentu dalam melakukan tindakan kita memiliki tujuan, tak ada salahnya memasukan tujuan lain dalam tujuan utama. Misal di kost baru nanti harus lebih bersosial, harus lebih rajin, harus lebih bersih, dan lain sebagainya. Tentunya tujuan tersebut dapat tercapai dengan perencanaan yang sudah terukur. Semisal untuk mencapai target ini harus melakukan ini, ini, dan itu serta konsisten dalam mengamalkannya.

Motivasi Baru Untuk Pindah Kost

Baca Juga : 7 Jenis Kamar Kost Yang Paling Dicari Mahasiswa Baru

 3. Berpamitan

Bapak/Ibu kost merupakan wali orang tua di tempat perantauan, menjadi adab untuk berpamitan, sampaikan sebaik mungkin dari alasan pindah, tujuan, dan sebagainya, jangan sampai menyinggung perasaan beliau, setidaknya sudah memberitahukan akan pindah 1 bulan sebelumnya agar pemilik kost bisa menyiapkan kostnya untuk penghuni kost yang baru. Pamit juga dengan tetangga tetangga sebelah, bapak Rt dan pihak lainnya. Agar memiliki kesan datang dengan baik, pergi juga dengan keadaan baik.

Berpamitan Dengan Ibu Kost Dan Tetangga Sebelum Pindah Kost

 4. Ringkus Barang Dengan Baik.

Nah, bagian ini masuk ke inti pindah-pindahnya. Pastikan mengemas barang dengan baik, maksudnya kelompokan barang yang 1 jenis atau berbeda jenis namun memiliki bentuk senyawa yang agak agak sama (loh maksudnya bagaimana ini?), maksudnya kalau barang padat jangan disatukan dengan barang pecah belah, barang pecah belah disendirikan dan diberikan bubble warp (widiih mau dipaketkan nih?). Di satu sisi bagian ini cukup menyenangkan, karena ketika memilah barang barang akan menemukan barang barang lama yang sudah tidak digunakan yang sebenarnya masih bisa digunakan Kadang hal ini bisa membuat bernostalgia. Bayangin deh, barang/benda apa itu?

Mengemasi Barang Dengan Baik Sebelum Pindah Kost

Baca Juga : 5 Tips Penting Sebelum Menggunakan Jasa Laundry Pakaian

5. Minta Bantuan Teman.

Angkut angkut barang itu capek! Serius gak perlu tanya ”kok bisa?”. Coba deh panggil teman akrab atau tetangga sebelah kost. Minta tolong untuk bantu bantu, dari mengemasi barang sampai memindahkannya ke kos yang baru. Sembari bersih-bersih, angkut-angkut sambil cerita ini itu misal membahas duluan ayam atau telur, kemudian bumi bulat atau datar dan lainnya. Hal tersebut membuat tidak begitu terasa lelah karena hanyut dalam pembicaraan, tahu tahunya eh sudah selesai. Wenaaak, tapi jangan lupa beliin gorengan, jajan, minuman, atau sebagainya sebagai ucapan terima kasih.

Meminta Bantuan Untuk Pindah Kost

 6. Pastikan Barang Pinjaman Sudah Dikembalikan.

Jangan sampai ada barang yang tertinggal! Termasuk barang barang yang langganan dipinjam seperti baju putih, setrikaan, gelas, pakaian dalam, buku bacaan, hutang pinjaman, kunci inggris, dan lain sebagainya. Jangan membuat persepsi membawa barang orang lain agar selalu diingat oleh pemiliknya, ingat! jangan!

Mengembalikan Barang Pinjaman Sebelum

 7. Pindah Kost Bisa Untuk Beramal.

Dari tips nomor 3, dijelaskan bahwa dapat menemukan barang barang yang sudah lama tidak digunakan. Hal ini berindikasi bahwa barang tersebut memang sudah tidak diperlukan. Tidak ada salahnya jika barang tersebut dijual atau diberikan kepada orang lain secara cuma cuma. Toh jika digunakan menjadi pahala tersendiri buat orang yang bersedekah. Tapi jangan dipamerkan ya hehe.

Berbagi Barang Yang Sudah Tidak Terpakai

Baca Juga : 5 Tips Gaya Hidup Sehat Ala Anak Kost

 8. Bersihkan Tempat Tinggal Sebelumnya Seperti Pertama Kali Datang.

Ini wajib loh, serius! Menjadi etika dan adab dalam berkehidupan. Tidak perlu dijelaskan wkwkwkwk.

Membersihkan Tempat Kost Sebelum Pindah

 9. Gunakan Transportasi Yang Layak.

Pindahan cukup pakai sepeda motor, khususnya untuk anak kost barangnya hanya sedikit, tapi jika ingin membawa lemari, kasur atau sebagainya (milik sendiri, bukan milik ibu/bapak kost) lebih baik menggunakan mobil pick up demi keselamatan bersama.

Menggunakan Transportasi Yang Layak Untuk Pindah Kost

 10. Buat Planning Ketika Sudah Sampai Di Kost Baru.

Aspek ini lumayan penting, biasanya ketika sudah sampai di kos baru, karena merasa lelah jadi “ah, nanti nanti aja deh”. ya tidak masalah sih karena memang setelah pindah pindah itu melelahkan, tapi lihat kembali dari barang yang sudah dibawa, misal pakaian apa yang masih basah, air minum, dan lain sebagainya.

Rencana Setelah Sampai Di Kost Baru

Demikian tips yang bisa kami sampaikan semoga bisa bermanfaat, salam dari kami buat kamu yang mengejar impian di tanah perantauan, cheers.

5 Replies to “10 Tips Sebelum Pindah Kost”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *