Gak Semua Bisa Masuk, Ini 7 Tanaman Khusus Untuk Ditaruh di Dalam Kamar Kost!

Mengetahui jenis tanaman yang cocok untuk penyegar udara sepertinya merupakan sebuah kewajiban bagi anak-anak kost. Tinggal di kamar kost merupakan keharusan bagi sebagian besar mahasiswa rantau atau karyawan rantau. Ukuran kamar kost biasanya hanya sebesar 3×4 meter dan terkesan sumpek. Alhasil, sirkulasi udara di dalam kamar kost juga sering memburuk dan membuat kamar pengap, terutama jika di dalam kamar kost sudah berisi tumpukan barang-barang. Untuk menyegarkan udara di dalam kamar kost, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah membawa tanaman hidup ke dalam kamar kost.

Ada berbagai jenis tanaman yang dapat memurnikan udara di dalam kamar kost. Bahkan, beberapa di antara jenis-jenis tananam tersebut dapat membersihkan kamar kost dari zat-zat berbahaya yang ada di udara seperti formalin dan xilena. Membawa tanaman penyegar udara seperti ini ke dalam kamar kost juga akan membantumu bernafas dengan lebih lega, apalagi jika kamu memiliki alergi terhadap polutan. Di bawah ini adalah contoh 7 jenis tanaman yang cocok untuk penyegar udara dalam kamar kost. Semuanya memiliki fungsi penetralisir udara yang akan membuat kamar kost yang kamu tempati lebih bagus kualitas udaranya.

Anggrek Bulan

Meski anggrek dikenal sebagai salah satu jenis tanaman yang sulit untuk dirawat dan dipelihara, namun ternyata anggrek memiliki fungsi sebagai pembersih udara dari zat xilena. Zat ini adalah polutan yang ditemukan di lem dan cat. Selain itu, anggrek juga dapat mengeluarkan banyak oksigen di malam hari sehingga membuat kamar lebih segar. Anggapan bahwa anggrek sulit dirawat sebenarnya malah tidak benar. Anggrek tidak butuh disiram dan tidak butuh kena sinar matahari terlalu lama untuk hidup. Jadi sebenarnya tanaman ini cocok bagi anak kost yang ingin menggunakan tanaman hidup sebagai penyegar udara di kamar namun tak mau ribet mengurus tanaman terlalu sering.

Baca juga : Intip Tata Letak Kamar Minimalis Keren, Cocok untuk Anak Kost!

Palem

Palem merupakan tanaman dari keluarga sawit yang tak hanya indah bentuknya, namun juga memiliki fungsi penyegar udara. Palem memang bisa menyaring zat formaldehida dalam udara. Palem juga bisa menghilangkan zat benzena dan karbon monoksida pada udara. Ketiga zat ini akan sangat memenuhi udara ketika kamarmu terkena asap rokok. Maka, jika kamu adalah perokok atau ada penghuni kos-kosan lain yang merokok, lebih baik gunakan palem sebagai tanaman yang cocok untuk penyegar udara di kamar kost kamu. Ada banyak jenis palem yang biasa dijual di pasaran, di antaranya adalah palem kuning, palem putri, dan palem wergu. Semuanya bisa dijadikan jenis tanaman yang cocok untuk penyegar udara untuk kamar kost kamu.

Spathiphyllum

Tanaman cantik ini disebut juga dengan “Peace Lily”. Jenis tanaman yang cocok untuk penyegar udara ini sering digadang-gadang sebagai jenis tanaman yang paling ideal untuk dipelihara di dalam kamar kost.  Selain bentuknya yang cantik sehingga bisa untuk hiasan di kamar, tanaman ini juga berfungsi baik untuk menghilangkan racun berbahaya. Racun-racun berbahaya yang terkandung dalam udara seperti xilena, aseton, alkohol, amonia, trichloroethylene metil, benzena, formaldehyde, dan etil asetat semuanya bisa diserap oleh tanaman ini. Alhasil, kamar kost kamu akan lebih segar dan tentunya sehat udaranya.

Pakis

Meski dikenal sebagai tanaman yang bisa tumbuh secara liar, namun pakis tetap banyak dipelihara orang di dalam rumah. Hal ini dikarenakan tanaman pakis memang bisa digunakan untuk membersihkan udara. Bermacam-macam polutan dalam udara termasuk xilena dan toulene, yang ditemukan di cat kuku dan lem, bisa dengan mudah diserap oleh tanaman pakis. Udara di kamar kost kamu akan lebih segar dan sehat jika kamu membawa masuk satu pot pakis ke dalamnya. Inilah mengapa pakis dikenal sebagai salah satu jenis tanaman yang cocok untuk penyegar udara yang memang cocok untuk kamar kost.

Baca juga : 6 Cara Menata Kamar Kost agar Tidak Terasa Sempit dan Berantakan

Walisongo atau Schefflera

Walisongo atau Schefflera adalah salah satu tanaman hias yang bentuknya mudah dikenali. Tanaman ini memiliki daun oval yang mengkilap dan batang yang kokoh. Selain mudah sekali perawatannya, tanaman ini juga berfungsi untuk menyerap racun jahat di dalam udara. Polutan berbahaya seperti benzena, toulena, dan formaldehida dapat dinetralisir oleh tanaman ini. Inilah mengapa tanaman ini termasuk jenis tanaman yang cocok untuk penyegar udara, terutama dapat digunakan digunakan untuk penetralisir udara pada area yang sering terkena asap rokok.

Anthurium

Bunga ini merupakan tanaman indoor yang terbilang eksotis dan juga menarik bentuknya. Saat mekar sempurna, tanaman ini akan sangat berguna untuk menghiasi ruangan. Selain fungsi estetika, tanaman ini juga berfungsi baik untuk menyedot zat-zat kotor di dalam udara. Zat xilena, amonia, toulena, dan formaldehida dengan mudah dapat diserap oleh tanaman ini. Jika kamu memiliki printer di dalam kamar kost, tanaman ini cocok kamu taruh di dalam ruangan karena akan menyerap zat polutan dari tinta printer.

Sirih Gading

Tanaman ini memiliki warna kuning gading yang berbentuk hati pada daunnya. Selain populer di Indonesia, jenis tanaman yang cocok untuk penyegar udara ini juga sangat populer di Amerika Utara dan daerah-daerah di sekitarnya. Tanaman ini terbilang mudah hidup dan tak perlu banyak diberi perawatan. Tanaman ini cocok sebagai tanaman indoor, bahkan untuk di dalam kamar kost yang sempit karena tanaman ini dapat bertahan hidup dalam kondisi cahaya rendah. Bahkan, tanaman ini tetap bisa hidup di ruangan dengan temperatur  dingin. Tanaman ini memiliki fungsi efektif untuk menyingkirkan karbon monoksida dan formaldehid. Kedua polutan ini terkandung pada udara yang tercemar oleh asap rokok. Jadi kalau kamar kamu sering kena asap rokok, bawa masuk nih tanaman ini biar udara di dalam kamar kamu netral lagi.

Nah itu dia beberapa jenis tanaman yang cocok untuk penyegar udara yang bisa kamu gunakan untuk menyaring zat-zat polutan. Selain membuat ruangan lebih segar, membawa masuk tanaman ke dalam kamar kost juga dijamin akan memberikan kamu kamar yang lebih sedap dipandang. Meski kamar kost kamu sempit, alangkah lebih baiknya kalau kamu tetap tata dengan rapi dan beri tanaman supaya lebih cantik, sehat, dan kesannya asri.

Kalau memang kamu merasa kamar kamu terlalu sempit dan gak mungkin bisa ada pot tanaman masuk ke dalam kamar, ya cobalah saat survey cari kost kamu cari kos-kosan yang menyewakan kamar yang ukurannya agak besar.

Sumber : mamikos.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *