Serba Canggih, Bisnis Kost Saatnya Beralih Ke Manajemen Pengelolaan Kost Digital!

Jika Anda berminat untuk membuka bisnis rumah kost, Anda tidak hanya perlu menyiapkan lahan dan juga rumah (kamar kost), tetapi juga kenyamanan yang harus ditawarkan kepada calon penyewa, termasuk keamanan dari lingkungan rumah kost yang Anda sewakan.

Setidaknya bisnis properti rumah kost yang Anda kelola haruslah terlihat bersih, nyaman untuk dihuni, dan termasuk fasilitas yang fungsional, sesuai dengan pangsa pasar Anda, entah itu para pekerja (karyawan) atau mahasiswa. Jika memang bisnis rumah kost Anda terletak di jantung kota atau di tempat yang strategis, bukan berarti Anda tidak memperhatikan kebutuhan keamanan dan kenyamanan dari calon penyewa.

Apabila Anda tidak memenuhinya tentu calon penyewa akan berpindah ke rumah kost lain, termasuk mereka yang sudah menjadi penghuni dan merasakan ketidaknyamanan dari rumah kost tersebut. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk manajemen bisnis rumah kost yang Anda kelola.

1. Screening

Peraturan setiap rumah kost pada umumnya tidak jauh berbeda. Salah satunya adalah peraturan untuk tidak membawa teman lawan jenis ke dalam kamar. Hal ini agar tidak membuat usaha rumah kost Anda dicap negatif oleh masyarakat sekitar dan berimbas kepada nama baik Anda juga sebagai pemilik.

6 Tanda Pengumuman Lucu dari Pemilik Kos - Citizen6 Liputan6.com

Termasuk kelangsungan dari bisnis rumah kost Anda akan terancam. Bayangkan jika masyarakat sekitar melakukan demo untuk penutupan bisnis rumah kost yang Anda kelola. Sangat merugikan tentunya bagi Anda. Oleh sebab itu, untuk menanggulangi penyewa kamar kost yang “nakal”, Anda bisa melakukan screening, dan juga inspeksi.

Hal ini bisa dilakukan oleh petugas keamanan yang Anda hire. Untuk screening, ini dilakukan untuk mengetahui asal usul atau latar belakang secara umum dari penghuni rumah kost. Jangan sampai salah satu penghuni rumah kost Anda memiliki pekerjaan illegal yang tidak sesuai dengan norma hukum.

2. Penambahan Biaya Listrik

Bikin Warga Indonesia Gembira, Ada Peluang Diskon Listrik Untuk ...

Biaya listrik bulanan bisa saja membengkak, Anda bisa menerapkan sistem penambahan biaya listrik untuk setiap penambahan alat elektronik yang digunakan oleh setiap penghuni kamar kost. Selain itu, Anda juga bisa membuat pembedaan mesin listrik di setiap kamar, sehingga mereka bertanggung jawab atas token listrik atau biaya listrik masing-masing.

Baca juga : Bisnis Rumah Kost dan Berbagai Keuntungannya

3. Bisnis Pendukung

Jasa Laundry Kiloan Ponorogo - Nikita Laundry Ponorogo

Jasa pencucian dan setrika pakaian bisa menjadi tambahan penghasilan bagi Anda termasuk memberikan fasilitas penunjang bagi para penyewa kamar. Selain itu, Anda juga bisa membuka mini kantin untuk barang-barang kebutuhan sehari-hari para penyewa kamar. Ini bisa memudahkan mereka untuk membeli perlengkapan yang dibutuhkan tanpa harus keluar dari area rumah kost.

4. Peduli Terhadap Lingkungan

10 Cara Bijak Menghadapi Tetangga yang Sok Kaya

Menjalin hubungan yang baik dengan tetangga di sekitar rumah kost ada banyak keuntungannya. Mereka bisa jadi agen marketing tanpa bayaran karena bisa mempromosikan kepada kenalan mereka tanpa Anda bayar atau Anda minta.

Demikian berbagai informasi yang dapat Anda pertimbangkan tentang manajemen rumah kost sebelum melakukan bisnis properti rumah kost. Bagi Anda yang sudah terjun di dalamnya, kelola bisnis rumah kost Anda dengan manajemen yang baik dan benar sesuai dengan ulasan di atas.

Sumber : finansialku.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *