Cara Memulai Bisnis Kost Tanpa Modal, Millenial Wajib Tahu!

Bisnis kost merupakan salah satu jenis bisnis yang sangat menguntungkan. Selain mampu memberikan pemasukan rutin, usaha persewaan tempat tinggal sementara ini pun sangat mudah untuk dikelola, sehingga bukan hal yang aneh bila banyak pensiunan dan ibu rumah tangga yang memutuskan untuk terjun di usaha rumah kost. Meskipun demikian tak ada salahnya bila memulai bisnis kos kosan sejak bangku kuliah.

Salah satu kendala yang sering dikeluhkan oleh kaum muda dalam memulai bisnis kos kosan adalah minimnya modal. Harus diakui bahwa modal yang diperlukan untuk memulai usaha kost cukup tinggi, mulai dari membeli rumah dengan banyak kamar hingga mempersiapkan perabotan dan peralatan elektronik serta gaji asisten rumah tangga dan petugas keamanan. Namun Anda tidak perlu berkecil hati karena ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mensiasati kendala tersebut.

Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan bagi Anda yang ingin memulai usaha kos kosan namun terkendala dengan modal:

1. Menjadi agen pemasaran kost

Salah satu cara yang paling mudah untuk memulai usaha kos kosan tanpa modal adalah dengan menjadi agen pemasaran rumah kost. Bagi Anda yang masih kuliah bisa terjun ke dalam bisnis ini dengan cara menawarkan diri kepada pemilik kost yang saat ini Anda tempati untuk mencarikan penyewa kost. Cara pemasaran kost yang dapat dilakukan pun beragam, mulai dari menawarkan kepada teman kuliah hingga memasang iklan di situs iklan kost dan media sosial.

Imbalan yang bisa Anda peroleh sangat bervariasi sesuai dengan kesepakatan dengan pemilik kost, mulai dari gratis uang kost selama masa tertentu hingga komisi sekian persen dari harga sewa kost. Apabila kamar kost di rumah kost yang Anda tempati sudah penuh, Anda juga bisa menawarkan kost lain yang berada di lingkungan rumah kost tempat Anda tinggal.

2. Menjadi pengelola kost

Selain menjadi agen yang membantu pemasaran kost, cara lain memulai bisnis kos kosan tanpa modal adalah dengan menjadi pengelola kost. Anda dapat menawarkan diri kepada pemilik kost untuk mengelola kost yang ia miliki. Jasa ini pada umumnya dibutuhkan oleh pemilik kost yang tinggal jauh dari rumah kost. Anda bisa meminta gaji bulanan atau komisi dari penghasilan kost sebagai imbalan atas jasa Anda dalam mengelola kost.

Tentu tidak semua pekerjaan harus Anda kerjakan sendiri. Anda dapat melimpahkan beberapa tugas kepada orang lain, misalnya membayar asisten rumah tangga untuk mengerjakan tugas bersih-bersih kost. Apabila Anda ingin mendapatkan penghasilan tambahan, ada beberapa usaha yang bisa dilakukan di kos kosan, misalnya dengan menjual pulsa, air minum, mie instan dan keperluan sehari-hari kepada anak kost.

3. Menyewakan kamar kosong yang ada di rumah

Bila di rumah Anda ada kamar yang layak huni namun jarang ditempati, misalnya kamar yang hanya digunakan apabila ada keluarga dari luar kota yang menginap, Anda dapat memulai bisnis kost tanpa modal dengan menyewakan kamar tersebut. Jangka waktu sewanya bisa menggunakan sistem harian, sehingga kamar kosong tersebut hanya ditawarkan apabila tidak ditempati oleh keluarga dari luar kota.

Usaha ini tidak boleh dipandang sebelah mata karena hasilnya walaupun terlihat kecil namun mampu memberikan penghasilan tambahan untuk membayar tagihan-tagihan seperti air, telepon dan listrik, bahkan hasilnya bisa digunakan untuk membiayai liburan ke tempat impian Anda. Usaha ini juga bisa menjadi tempat belajar dan langkah awal sebelum Anda memutuskan untuk memulai usaha kost yang sebenarnya.

Pada masa-masa awal menjalankan usaha ini pasti akan muncul perasaan tidak nyaman karena ada orang asing yang tinggal di rumah Anda, namun ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca juga : Bisnis Rumah Kost dan Berbagai Keuntungannya

Bisnis Kos Kosan Tanpa Modal Besar

Setelah sukses dengan tiga cara di atas, Anda bisa melangkah ke model bisnis kos kosan yang lebih besar. Apabila tiga cara di atas sama sekali tidak membutuhkan modal, maka cara yang akan kami bahas selanjutnya membutuhkan modal, namun hasilnya tentu jauh lebih besar. Berikut ini cara usaha kos kosan tanpa modal besar:

4. Menyewa rumah untuk dijadikan kost

Anda dapat menyewa rumah yang ada di sekitar kampus atau perkantoran untuk dijadikan rumah kost. Walaupun cara ini membutuhkan modal, namun dana yang perlu disediakan tidak sebanyak dana untuk membeli rumah kost.

Pada umumnya sistem pembayaran sewa rumah adalah per tahun, namun Anda dapat menegosiasikan dengan pemilik rumah agar pembayaran dilakukan per bulan atau per tiga bulan. Cara seperti ini pembayaran akan terasa lebih ringan dan dana yang Anda miliki dapat digunakan untuk memasarkan kost.

5. Membeli rumah di desa atau di pinggiran kota

Cara yang kelima adalah dengan membeli rumah di desa atau di pinggiran kota. Harga properti di desa dan pinggiran kota jauh lebih murah dibanding harga properti di pusat kota. Carilah rumah yang lokasinya dekat dengan kampus, pabrik atau pusat perbelanjaan.

Kendala utama yang dihadapi oleh para investor yang berinvestasi di desa atau kawasan pinggiran adalah kesulitan untuk mengontrol properti mereka, maka akan lebih baik apabila ada orang yang bisa dipercaya seperti teman atau keluarga yang tinggal di area tersebut.

6. Membeli apartemen

Selain membeli rumah di desa atau di pinggiran kota, Anda juga dapat membeli apartemen. Cukup banyak apartemen dengan lokasi strategis yang ditawarkan dengan uang muka dan cicilan yang murah, sehingga sangat terjangkau bagi para pengusaha kost pemula. Apalagi setelah cicilan lunas, Anda sudah memiliki aset yang dapat dijual atau dijaminkan untuk dijadikan uang muka pembelian apartemen selanjutnya atau rumah kost yang lebih besar.

Ada beberapa tipe unit apartemen berdasarkan jumlah kamarnya, yaitu studio, 2 bedroom, 3 bedroom, dan seterusnya. Apartemen tipe studio bisa langsung disewakan kepada penyewa, sedangkan untuk unit apartemen yang terdiri dari beberapa kamar, Anda bisa memutuskan apakah akan menyewakan seluruh unit apartemen kepada satu orang atau menyewakan per kamar.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar usaha usaha kost yang Anda tekuni dapat memberikan hasil yang memuaskan:

  1. Cari rumah atau apartemen yang lokasinya strategis, misalnya dekat kampus atau perkantoran
  2. Sewa rumah yang memiliki banyak kamar sehingga hasil sewa kost lebih maksimal
  3. Cari yang berperabot dan dilengkapi AC sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli perabotan dan AC
  4. Untuk meminimalkan risiko, ajaklah teman atau keluarga untuk menanam modal dalam usaha kos kosan ini
  5. Saat yang paling tepat untuk memulai usaha ini adalah beberapa bulan sebelum penyelenggaraan ujian penerimaan mahasiswa baru
  6. Jangan lupa untuk mempromosikan kost Anda di internet.

Demikianlah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memulai bisnis kos kosan tanpa modal. Bagaimana menurut Anda, apakah cara ini masuk akal dan bisa diterapkan? Apabila Anda memiliki ide yang lain, silahkan sampaikan melalui kolom komentar di bawah.

Sumber : bisniskost.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *