7 Cara Manfaatkan Koper Untuk Kamar Kos Sebagai Dekorasi Ruangan

Penggunaan koper mungkin hanya berlaku sewaktu kamu melakukan pulang ke kampung halaman dan kembali ke kota rantuan saja. Ketimbang hanya disimpan di lemari yang bisa meningkatkan potensi rusak dan mengundang jamur, tak ada salahnya untuk memaksimalkan fungsinya di kamar kos kamu. Berikut adalah tujuh referensi yang bisa kamu gunakan untuk memaksimalkan penggunaan koper di kamar kos.

1. Sebagai tambahan ruang penyimpanan

menyimpan pakaian dalam koper

Jika lemari atau rak penyimpanan milikmu sudah mulai penuh, kamu bisa memanfaatkan koper sebagai ruang penyimpanan tambahan. Kamu bisa menyusun aneka pakaian ke dalam koper secara rapi, namun pastikan barang yang kamu simpan tidak overload sehingga tidak cepat rusak atau jebol. Jika sudah, kamu bisa menyimpan koper di sejumlah area yang mudah dijangkau, misalnya di bawah tempat tidur, di atas lemari atau di samping meja.

2. Jadikan meja pajangan unik

koper vintage menjadi meja pajangan

Tak hanya sebagai ruang penyimpanan tambahan, koper pun bisa difungsikan sebagai meja pajangan yang sangat unik. Tampak pada inspirasi di atas, koper vintage yang ditopang menggunakan kayu dapat memberikan aksen yang sangat menawan pada ruangan. Kamu bisa memajang berbagai dekorasi, mulai dari pot berisi tanaman sukulen, jam meja, koleksi buku, hingga koleksi boneka.

Baca juga : Kos Sempit Bukan Masalah! Simak Tutorial Berikut Agar Kamarmu Terlihat Luas

3. Sebagai side table keren

koper warna cokelat sebagai side table dengan pot bunga

Inspirasi lainnya adalah memanfaatkan koper sebagai side table. Sama halnya dengan meja pajangan, kamu bisa memakai penyangga besi yang terdiri dari empat kaki dengan ketinggian yang disesuaikan menurut tinggi tempat tidurmu.

Pada bagian atas koper tersebut, kamu pun bisa menambahkan aksesoris berupa lampu tidur dan vas bunga sehingga tampil cantik. Dijamin, kini suasana kamarmu tak lagi membosankan berkat kehadiran side table yang sangat estetik.

4. Alih fungsikan menjadi kotak penyimpan aksesoris

koper hijau terbuka menjadi kotak penyimpan perhiasan

Referensi lainnya adalah memanfaatkan koper sebagai tempat menyimpan aksesoris seperti kacamata hingga koleksi perhiasan yang kamu miliki. Cukup lakukan proyek DIY dengan memasang bantalan di dalam koper agar tercipta area khusus untuk setiap kategori koleksi. Ide lainnya, kamu pun bisa memfungsikannya sebagai kotak P3K.

Perlu dipahami bahwa penggunaan koper seperti ini disarankan koper yang sudah bekas atau tidak terpakai. Jika koper masih digunakan, akan memakan waktu cukup lama untuk menata ulang kembali.

6. Melengkapi skema warna interior

koper vintage disimpan di kabinet atas dapur

Referensi selanjutnya adalah memanfaatkan koper sebagai bagian dari dekorasi kamar kos. Terlebih untuk kamu yang memiliki koper bergaya klasik, kamu bisa menempatkannya di atas lemari atau di bawah meja.

7. Modifikasi sebagai ambalan dinding

ambalan dinding model koper rustic di atas meja kerja

Jika kamu punya koleksi koper yang sudah tidak dipakai, kamu bisa melakukan modifikasi sehingga dapat difungsikan sebagai ambalan dinding. Seperti pada inspirasi di atas, ambalan dinding tampak sangat menawan dan bisa difungsikan untuk memajang berbagai dekorasi seperti bingkai foto dan jam meja. Selain itu, kamu pun bisa mengecat koper sehingga lebih serasi dengan konsep interior yang diusung.

Sumber : dekoruma.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *