Ini Alasan Lulusan Vokasi Lebih Dibutuhkan Banyak Perusahaan

Dalam memilih jurusan atau program studi kuliah, program yang ditawarkan seringkali menjadi pertimbangan tersendiri. Saat ini sudah banyak variasi program studi yang dimiliki Perguruan Tinggi, baik yang diperuntukkan bagi jenjang vokasi maupun jenjang sarjana.

Bagi kamu yang masih galau memilih program studi kuliah setelah lulus sekolah menengah nanti, cobalah untuk mempertimbangkan program vokasi. Program yang juga dikenal dengan pendidikan kejuruan ini menekankan skill atau kemampuan lulusannya. Tidak mengherankan jika lulusan pendidikan vokasi seringkali diberikan tempat khusus oleh perusahaan karena dianggap siap kerja. Berikut ini adalah alasan mengapa lulusan vokasi diperlukan di dunia kerja.

1. Lulusan Vokasi Lebih Praktikal

Sudah bukan hal yang aneh lagi jika mahasiswa vokasi akan lebih banyak menghabiskan waktu untuk praktik dibandingkan menghafal teori-teori. Program vokasi sangat cocok bagi kamu yang sering bosan mendengarkan banyak teori, kurang suka dengan banyak tugas perkuliahan yang hanya dinilai dengan ujian tulis, serta lebih senang untuk langsung praktik.

Hal inilah yang membuat mahasiswa program vokasi semakin terlatih dalam mempraktikkan teori. Kegiatan perkuliahan yang banyak didominasi penerapan teori membuat mahasiswa belajar dari hasil praktik secara langsung. Ketika mengetahui kondisi lapangan dan tidak terpaku pada teori, solusi masalah yang dihadapi pun dapat disesuaikan.

2. Memiliki Banyak Pilihan Perguruan Tinggi

Saat ini sudah terdapat banyak pilihan kampus yang menawarkan pendidikan vokasi untuk calon mahasiswanya. Bahkan, terdapat lebih dari 50 politeknik di Indonesia yang menyediakan program vokasi, baik untuk jenjang Diploma 1 hingga Diploma 4. Tidak hanya itu, Perguruan Tinggi favorit di Indonesia pun menawarkan peluang dengan membuka program vokasi.

Penawaran untuk program-program vokasi yang terdapat di Perguruan Tinggi memang lebih banyak dibandingkan dengan pendidikan sarjana. Seringkali Perguruan Tinggi juga bekerja sama dengan pusat pelatihan hingga institusi lain yang menyediakan serta mendukung program pendidikan vokasi. Hal ini yang membuat perusahaan langsung memilih lulusan pendidikan vokasi karena sudah menggeluti bidang secara spesifik.

Baca juga : Rekomendasi Situs Freelance Bagi Mahasiswa Yang Cari Uang Tambahan

3. Pilihan Program Vokasi Sangat Beragam

Semakin bervariasi program vokasi yang terdapat di suatu Perguruan Tinggi, semakin besar pula peluang untuk berkarir. Ditambah lagi, perusahaan yang langsung menangani klien akan membutuhkan karyawan dengan skill praktik lebih banyak dibandingkan teori. Perusahaan pun tidak akan segan mempekerjakan lulusan program vokasi karena mereka memang sudah yakin memiliki kemampuan spesifik pada bidang studinya.

Program vokasi yang dibuka di Indonesia saat ini sudah sangat beragam, mulai dari program untuk pariwisata, program perhotelan, hingga program kuliner dan bidang kecantikan. Apabila dibandingkan dengan materi perkuliahan di universitas, lulusan program vokasi lebih siap kerja. Pembahasan materi kuliah pun fokus pada topik-topik spesifik. Lulusan program vokasi yang lebih terasah pun dapat dibuktikan dengan sertifikat maupun bukti penunjang lainnya.

4. Perusahaan Membutuhkan Lulusan Siap Kerja

Perusahaan terkadang memerlukan lulusan yang siap terjun di lapangan dan sudah berpengalaman. Kriteria tersebut bisa ditemukan dari lulusan yang berasal dari program vokasi. Misalnya, seseorang yang lulus dari program vokasi jurusan pariwisata akan banyak belajar tentang wisata. Tidak hanya manajemen tujuan wisata saja, tetapi juga geografi pariwiasta, pengolahan makanan dan minuman, manajemen seni, hingga mengatur pertemuan dan konferensi.

Ketika perusahaan di bidang pariwisata bermaksud meningkatkan kualitasnya, perusahaan bisa langsung merekrut lulusan vokasi yang memang sudah paham seluk beluk pekerjaannya. Lulusan program vokasi juga dikenal sebagai lulusan yang siap bekerja. Akan ada nilai lebih jika kamu termasuk lulusan program vokasi yang pernah menjalani magang atau kerja praktik di bidang terkait. Jadi, selama kamu menempuh studi, sebaiknya maksimalkan kesempatanmu untuk menimba ilmu sebanyak-banyaknya.

Sumber : mamikos.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *