Kuliah Ingin Dapat Uang Saatnya Memulai Bisnis Freelance

Kuliah Ingin Dapat Uang? Saatnya Memulai Bisnis Freelance

Menjadi mahasiswa tentu ingin tetap tampil trendi di depan umum, namun uang kiriman dari orang tua hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari hari. Hal ini menjadi momok pikiran mayoritas mahasiswa (bukan untuk mahasiswa anak sultan).  Melakukan kerja part time / freelance butuh stamina ekstra dimana kamu harus membagi waktumu untuk kuliah dan juga bekerja. Jika kamu sudah siap dan memahami hal tersebut, maka sebagai apresiasi dari kami buat kamu sebagai mahasiswa mandiri kami berikan 6 tips kerja paruh waktu.

6 tips kerja freelance untuk mahasiswa

Baca Juga : Tips Pesan Kamar Kost Lewat HP Android

1. Ambil Kerja Part Time

Tentunya ada banyak part time (kerja paruh waktu) yang tersedia, misalnya menjadi pegawai restoran, office boy, jaga warnet, reseller dan sebagainya. Hanya saja banyaknya jumlah mahasiswa yang berkeinginan memiliki penghasilan sendiri pada area kampus membuat job part time ini sangat mudah dan cepat terisi, baru dapat informasi dan menghubungi kontaknya eh tahu-tahunya zonk sudah terisi oleh orang lain. Jika kamu memang berniat untuk mengambil job part time maka jangan ragu untuk selalu bertanya dengan teman temanmu, ataupun kenalan baru saat ngopi atau komunitas terkait job part time yang tersedia. Pada umumnya job part time tidak memiliki spesifikasi kemampuan minimum atau tidak masalah jika yang mendaftar adalah seseorang yang tidak memiliki kemampuan pada suatu bidang karena job part time lebih mengutamakan attitude dalam bekerja semisal sifat jujur, loyal, disiplin dan sebagainya sedangkan kemampuan akan dilatih setelahnya. Namun disatu sisi kerja part time juga membutuhkan kemampuan semisal bidang yang dicari adalah guru les private, menjadi kakak pembimbing pramuka, PMI, dan sebagainya.

2. Pedagang Online

Penjual Online Shop

Saat ini banyak marketplace yang tersedia untuk berdagang, misalnya seperti olx, bukalapak, tokopedia, dan banyak lainnya. Bukan berarti kamu yang tidak punya barang dagangan tidak bisa berpenghasilan dari poin ini, disebut dengan dropshipper yaitu teknik pemasaran dimana penjual tidak menyimpan stok barang, dan jika penjual mendapatkan order, penjual tersebut langsung meneruskan order dan detail pengiriman barangnya ke distributor/supplier/produsen. Namun untuk menjadi dropshipper harus memiliki mentor atau pengalaman dalam melakukannya semisal memahami target pasar yang dituju, barang yang sedang trendi dan banyak faktor lainnya. Jadi sambil latihan dulu sama yang lebih berpengalaman ya.

Baca Juga : kamar Kost Idaman para gamer

3. Menjadi Penulis Lepas

Penulis Lepas

Hobi menulis jangan dilepas, salurkan menjadi pundi pundi rezeki. Yap, saat ini sangat banyak situs web ataupun sosial media yang memberikan challenge tulisan/artikel yang dapat menghasilkan uang, katakanlah seperti Kaskus. Pada web tersebut ketika sedang ada event pasti muncul challenge menulis dengan tema yang telah ditentukan dan hadiah yang diberikan dari pihak mereka untuk takaran mahasiswa kost-kostan sudah sangat wah sekali. Jikapun kamu tidak begitu suka menulis namun memiliki pengetahuan/wawasan kuat di suatu bidang , misal politik maka kamu cukup mencari seorang copywriting yang akan membuat pendapatmu ke dalam bentuk tulisan yang sangat nyaman untuk dibaca oleh khalayak ramai, sehingga tulisan tersebut bisa masuk ke dalam media informasi yang ada dan berkesempatan menjadi penulis tetap di media tersebut. Jika kamu ingin menjadi penulis yang berdiri sendiri kamu bisa memanfaatkan opsi layanan blogspot ataupun wordpress, yang mana visitor yang masuk ke dalam blogmu akan menjadi pundi pundi rezeki buat kreator kreatif kita yang satu ini.

4. Menjadi Desain Grafis

Desainer Grafis Freelance

Semua orang bisa membuat desain, tapi tidak semua orang memiliki sense untuk mendesain. Manfaatkan hal tersebut! Jika kamu dapat membuat desain grafis yang baik dan mendapatkan respon baik dari orang orang disekitarmu maka teruskan dan kembangkan, jika tidak dan kamu memaksakan dirimu untuk menjadi desain grafis maka kamu butuh effort yang lebih banyak sebab sadari setiap orang memiliki kemampuannya pada masing masing bidang. Jika kamu seorang pandai hitung hitungan (matematika) umumnya sangat susah untuk membuat desain karena hal ini perbedaan fungsi otak kanan dan otak kiri dan sebab-sebab lainnya. Banyak situs yang menyediakan jasa desain semisal dribbble, deviantArt, behance, dan lain sebagainya.

Baca Juga : 10 Tips Sebelum Pindah Kost

5. Menjadi Developer IT

Developer IT

Bukan menjadi rahasia lagi bahwa kemampuan seorang profesional IT tidak harus ditempa dari kampus dan jurusan bidang teknologi informasi. Mahasiswa cukup bermodalkan laptop dan koneksi internet untuk mengakses materi yang ingin dipelajari, bahkan saat ini sudah banyak layanan yang menyediakan media pembelajaran bidang teknologi informasi secara gratis. Dari Pembuatan Website, aplikasi mobile, jaringan, keamanan jaringan, perangkat keras, game, dan masih banyak lainnya sudah tersedia di internet, yang kamu butuhkan hanyalah waktu dan semangat untuk terus belajar. Lalu bagaimana jika kamu sudah punya kemampuan di bidang teknologi informasi? Kamu bisa cari lowong kerja di jobstreet, projects, dan lainnya. Pada laman tersebut sudah tersedia gaji dan batas waktu pengerjaan, jadi sesuaikan kemampuan dengan pekerjaan ya agar tidak ada pihak yang dirugikan.

6. Menjadi Youtuber

Youtuber Atta Halilintar

Baru baru ini kita mendengar kabar bahwa youtuber Atta Halilintar memiliki penghasilan 22 milyar per bulan, penghasilan yang sangat fantastis bukan? Ahh syiaaapp. Jika kamu memiliki jiwa sosial dan kemampuan komunikasi yang baik tidak ada salahnya kamu membuat akun kanal youtube yang terikat dengan adsense. Semakin banyak viewer maka semakin banyak pundi pundi rezeki yang bisa kamu dapatkan, hanya saja buatlah konten video yang baik, yang sesuai dengan statusmu saat ini.. ya mahasiswa. Mahasiswa adalah orang yang mau untuk berpikir, jadi buat konten yang baik dan layak untuk dilihat ya.

Kami paham alasanmu untuk segera memiliki penghasilan sendiri, namun menjadi pertimbangan sebagai mahasiswa kamu tidak boleh menyepelekan kuliahmu karena kamu sudah memiliki pekerjaan paruh waktu. Mayoritas mahasiswa di Indonesia kuliahnya menjadi molor karena menikmati kerja paruh waktu yang sudah dapat menghasilkan uang, ingat teman temanku semua, jangan terlena! Salah mahasiswa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *