Hobi Travelling? Intip Tips Menabung Ala Anak Kost Agar Bisa Travelling Tiap Bulan!

Apa yang ada dipikiran kamu ketika mendengar kata-kata “Anak Kos”? Tentunya kata-kata ini menggambarkan kehidupan seorang anak yang kehidupan kesehariannya serba sederhana, harus berhati-hati mengeluarkan uang, harus berhemat, karena jauh dari orang tua. Pada umumnya, anak yang tinggal di kosan itu adalah anak kuliahan yang berasal dari luar daerah lalu kuliah di kota dimana lokasinya itu jauh dari orang tua.

Kebanyakan anak kos ini bisanya mempunyai hobby yang bermacam-macam, salah satunya yaitu travelling. Anak kosan jangan sering-sering travelling lho, ntar uang bulanan transferan dari ortu gak cukup! Eiittsss… nanti dulu. Jangan salah ya. Anak kosan bisa travelling juga lho. Meskipun uangnya pas-pasan.

Kok bisa? Jika kamu anak kos yang ingin ber-travelling ria tanpa meminta uang lagi sama orang tua, maka ada baiknya kamu mengikuti cara menyisihkan uang untuk liburan atau cara berhemat berikut ini supaya nantinya bisa ngumpulin uang buat travelling :

1. Carilah rumah atau tempat kos yang dekat dengan kampus

Carilah rumah yang lokasinya dekat dengan kampus. Hal ini bertujuan agar perjalanan anda dari rumah ke kampus tidak terlalu memakan ongkos yang besar. Jika anda ke kampus menggunakan sepeda motor, maka dengan jarak yang dekat, bensin motor anda gak cepat habis.  Jika hanya berjalan kaki, dengan jarak yang dekat, anda akan cepat sampai ke kampus dan tidak terlalu capek. Tapi , jika anda terlanjur sewa rumah atau kosan yang jauh dari kampus, maka saya sarankan agar anda tidak menyewa rumah itu lagi saat masa sewanya udah habis. Cari lah rumah yang dekat dengan kampus ya. Nah, untuk memindahkan barang-barang anda nanti dari rumah yang lama ke rumah yang baru, jika anda tidak mempunya kendaraan sendiri, anda bisa kok menggunakan Jasa Pindahan Rumah dari Sejasa.com

2. Bawalah Uang Cash Seperlunya

Jika anda baru terima uang transferan bulanan dari orang tua, saya sarankan jangan anda tarik semua dari ATM. Tarik uang cash hanya secukupnya saja. Begitu juga kalau ke kampus, bawa lah uang cash seperlunya saja. Karena apa? Karena jika anda bawa cash yang banyak didalam dompet anda, maka anda akan tergoda untung membeli barang-barang yang kurang perlu dan pada akhirnya uang anda habis dengan cepat.

3. Masaklah Sendiri di Rumah

Masih ingat dengan lirik lagu dangdut ini “Masak, masak sendiri. Makan-makan sendiri. Cuci baju sendiri…”. Kayaknya lirik lagu ini cocok deh buat anak kosan. Untuk menghemat uang, anda seharusnya masak sendiri aja di rumah. Jangan sering-sering makan diluar. Karena masak sendiri dirumah itu lebih hemat dari makan diluar. Tapi jika anda lagi sibuk dengan tugas kuliah dan gak sempat mau masak sendiri, ya mungkin hal ini udah gak bisa ditolerir lagi, anda makan diluar aja, makan di warung.

Begitu juga dengan cuci baju. Jika anda memang benar-benar gak sibuk, jangan cuci baju di laundry ah. Cuci baju sendiri aja. Karena bisa hemat. Beli deterjen 1.000 rupiah, kemudian cuci deh sendiri. Jangan malas cuci baju sendiri ya. Selain bisa berhemat, anda juga bisa belajar mandiri dengan mencucui baju sendiri.

Baca juga : Tips Menabung Memudahkan Kamu Dalam Mengatur Pengeluaran

4. Refreshing di rumah aja

Walaupun anda lagi berhemat, bukan berarti anda gak boleh bersenang-senang atau refreshing saat weekend. Memang gak bisa dipungkiri, dengan tugas kuliah yang bejibun yang membuat anda hampir stress, tidak ada salahnya anda refreshing. Tapi jangan sampai refreshing anda menghabiskan banyak uang. Gak perlu deh anda refreshing ke mall, ke bioskop. Coba deh anda ajak teman anda nonton bareng dirumah aja sambil ditemani dengan cemilan. Atau anda bisa cari hiburan lain di rumah yang sesuai dengan keinginan anda.

5. Tulislah Quote atau Tempellah Foto yang bisa memotivasi

Coba deh bikin tulisan-tulisan yang bisa memotivasi diri anda. Contohnya, “Hemat Pangkal Kaya”, “Time is money”, dan kata motivasi lainnya, terus tempel di dinding kamar anda atau tempat-tempat yang selalu anda lihat. Selain kata-kata, anda juga menempelkan foto-foto tujuan travelling anda agar selalu bisa memotivasi anda setiap kali anda melihatnya.

6. Prioritaskanlah Kebutuhanmu

Hidup mandiri di kota yang jauh dari orang tua memang membuat kita harus pintar untuk memilah mana kebutuhan dasar dan mana kebutuhan yang kurang diperlukan. Jika pada akhir-akhir ini anda memerlukan banyak uang untuk kebutuhan kuliah, maka penuhi terlebih dahulu kebutuhan kuliah tersebut. Lupakan sebentar urusan travelling. Karena kuliah itu merupakan hal yang paling utama yang harus anda perhatikan. Begitu juga kalau anda suka sering nge-mall, tapi anda juga pingin travelling diakhir bulan, sedangkan uang anda pas-pasan, maka tentukan prioritas anda. Apakah nge-mall itu lebih penting atau travelling pilihan utama anda? Anda sebaiknya tunda aja kebutuhan lain yang kurang perlu.

7. Cari Uang Sampingan

Sebagai mahasiswa, anda memang dituntut untuk belajar mandiri. Mandiri dalam berbagai hal, salah satunya yaitu mencari uang sampingan. Selain harus berhemat uang transferan dari orang tua, anda sebaiknya mandiri untuk mencari penghasilan tambahan untuk kegiatan travelling yang anda tunggu-tunggu itu. Untuk mencari uang tambahan ada banyak cara, contohnya, ngajar private, jadi guru les, atau kerja freelance.

Nah, itu lah tips menabung agar bisa travelling sesering mungkin. Bagi kamu yang dikategorikan sebagai anak kos yang ingin berhemat untuk kegiatan travelling kamu ya harus menabung. Semoga tips ini bermanfaat bagi kamu. Ada yang ingin menambahkan tips ini?

Sumber : mirwans.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *