Tips Penting Memilih Kos-Kosan yang Sehat

Kost adalah rumah kedua bagi anak perantau baik yang kuliah maupun bekerja. Nantinya, kost ini akan menjadi tempatmu melakukan kegiatan yang sering kamu lakukan di rumah, seperti beristirahat, makan, memasak, mencuci, dan lainnya. Oleh karena itu, kamu gak bisa sembarangan memilih tempat kost karena akan menimbulkan perasaan tidak nyaman dan jadi tidak betah.

1. Ventilasi Udara Cukup
Kasa Jendela / Ventilasi | Shopee Indonesia

Pilih kamar kos yang memiliki ventilasi udara cukup. Kurangnya udara yang masuk ke dalam kamar hanya akan membuat kamar menjadi pengap, lembab, dan bau. Kalau bisa pilih tempat kost yang kira kanannya terdapat beberapa tumbuhan, karena akan membuat udara lebih kaya oksigen dan terasa lebih segar. Membuat kebutuhan oksigen otak terpenuhi, sehingga pikiran lebih cerdas dan maksimal untuk bekerja.

2. Sinar Matahari Cukup
Buka Jendela Tiap Pagi, Ini Manfaatnya

Pilih kamar kos yang memiliki lubang udara di atas pintu atau yang letak posisinya berada lebih tinggi dari manusia. Gunanya agar cahaya matahari dapat masuk ke dalam kamar kost. Sinar matahari akan sangat berpengaruh pada keadaan ruangan. Tempat yang jarang terkena sinar matahari  jadi lembab dan tidak sehat, karena bisa menjadi faktor pemercepat tumbuhnya jamur, bakteri, mikroba, pathogen dan yang sejenisnya.

Baca juga : Kos Sempit Bukan Masalah! Simak Tutorial Berikut Agar Kamarmu Terlihat Luas

3. Kebersihan Kamar Mandi dan WC
Desain Kamar Mandi Kloset Jongkok (WC Jongkok) | Desainrumahnya ...

Pastikan kamar mandi dan wc terjaga kebersihannya dan terhindar dari jamur serta kotoran-kotoran membandel di dinding kamar mandi. Kriteria kamar mandi yang bersih dan aman yang pertama bisa dinilai dari sumber air dan pembuanganya. Hati–hati untuk permasalahan sumber air, pastikan air bersih, tidak berwarna, berbau dan berasa, tanyakan pada penduduk sekitar apakah ada pabrik atau usaha warga yang menghasilkan limbah.

Untuk pembuangan air, cek apakah air terbuang dengan lancar, tidak bergenang dan tidak tercecer. Karena genangan air akan memperburuk kebersihan dan menjadi tempat berkumpulnya pathogen mikro maupun makro serta membuat kelembapan dan tidak enak dipandang mata.

4. Hindari Lokasi Kebisingan
Sulit Tidur Karena Bising? Coba 7 Cara Mengurangi Kebisingan Ini

Pilih tempat kos yang jauh dari pusat kebisingan suara seperti pasar, bandara, terminal, stasiun, dan semacamnya. Tempat–tempat itu biasanya menghasilakan bunyi yang dapat menggangu kenyamanan dan ketenangan.

5. Tidak Kumuh dan Kotor
Kamar Kos yang Sempit tapi Nyaman

Pilih lingkungan kos yang tidak kumuh dan kotor. Keadaan seperti kumuh dan kotor akan sangat mempengaruhi keadaan jiwa dan raga. Apa lagi jika kita sudah terbiasa dengan kebersihan dan kerapian.  Nantinya akan berdampak buruk pada kesehatan kita, lebih lagi jika ketahanan tubuh kita belum kuat. Dan juga akan memperburuk mood, jadi  malas dan lemas.

Itulah 5 tips memilih tempat kost yang sehat. Penting bagi kita semua untuk mengedepankan kesehatan dan bergaya hidup sehat. Semoga tips ini bisa bermanfaat untuk yang sedang mencari kost dan untuk menambah wawasan.

Editor : Bella Marusare

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *