6 Trik Tersembunyi Menata Ulang Kamar Kos

Semua anak kos menginginkan suasana kamar tidur yang rapi dan tertata. Dengan begitu, tidur pun menjadi nyaman dan berkualitas. Masalahnya, menata kamar tidur, termasuk menjaga kerapian kamar, sangatlah sulit apalagi di tengah kesibukan sehari-hari.

Semakin hari, barang semakin bertambah. Waktu untuk berbenah pun semakin sedikit karena seharian beraktivitas di luar rumah. Oleh karena itu, kamu harus memikirkan cara menata kamar kos agar terlihat indah dan rapi.

1. Tentukan furnitur yang diperlukan

menata kamar tidur sederhana dengan banyak furnitur

Biasakan dirimu untuk hidup minimalis saat menata kamar kos. Minimalis yang dimaksud lebih mengarah kepada gaya hidup minimalis yang tercermin pada pemilihan furnitur yang sesuai keperluan saja. Setidaknya, kamar tidur perlu memiliki tempat tidur serta kasur, lemari, dan meja serta kursi. Salah satu cara menata kamar tidur agar terlihat indah ialah menyingkirkan furnitur tambahan seperti kardus-kardus bekas yang sudah tidak berguna yang hanya akan membuat kamar penuh.

2. Manfaatkan ruang di bawah tempat tidur

menata kamar dengan menaruh barang di laci beroda bawah tempat tidur

Untuk menata kamar kos yang berukuran mungil, jangan lewatkan ruang pada kolong tempat tidur. Alih-alih menjajarkan barang-barang, lebih baik ‘menumpuknya’ saja. Jika budget terbatas untuk membeli tempat tidur baru, gunakan kotak penyimpanan mungil yang mudah dipindahkan agar lebih mudah menata kamar. Ruang kosong ini paling pas untuk menyimpan buku, album, dan juga sepatu.

3. Manfaatkan dinding bagian atas

menata kamar dengan rak dinding atau rak gantung putih

Dinding bagian atas jarang dijangkau tangan, tapi selalu dijangkau mata. Trik ini merupakan salah satu cara menata kamar agar terlihat indah. Pastinya kamu memiliki koleksi yang sayang jika diletakkan di dalam kotak penyimpanan.

Gunakan rak dinding untuk meletakkan aneka koleksi dan pajangan. Bagian bawahnya bisa dimanfaatkan sebagai gantungan aksesoris atau bahkan baju. Trik menata kamar ini terbukti ampuh bagi kamu yang sering meninggalkan baju berserakan di kamar kos.

Baca juga : Tips Memilih Outfit Kuliah Cepat dan Anti Ribet!

menata kamar dengan menggunakan mesh board atau rak gantung putih

Selain rak dinding, menata kamar juga bisa menggunakan mesh board atau grid wall. Papan pajangan yang dibuat dari tiang-tiang besi ini cocok untuk menggantungkan aksesori, koleksi kartu pos, kipas, gantungan kunci, dan lainnya. Bahkan mesh board saat ini bisa dilengkapi dengan keranjang gantung untuk koleksi alat tulis dan boneka. Cara menata kamar agar terlihat indah ini tengah populer di kalangan anak muda.

4. Pisahkan barang yang jarang dipakai

menata kamar dengan menaruh barang dalam laci

Pisahkan kamar dengan barang-barang yang jarang atau sudah tidak terpakai.. Simpanlah barang tersebut dalam kabinet khusus ataupun laci penyimpanan lainnya dalam ruangan. Bila perlu, pisahkan sesuai kebutuhan. Misalnya barang-barang untuk liburan dan baju pesta. Trik menata kamar ini membuat ruangan lebih rapi dan barang mudah dicari.

5. Pilih warna yang tepat saat menata kamar tidur sederhana

menata kamar tidur sederhana dengan warna pastel

Beberapa orang memilih untuk menyingkirkan dekorasi supaya kamar terlihat lebih lapang dan rapi. Cara menata kamar agar terlihat indah tanpa dekorasi adalah memilih warna yang tepat. Memadukan dua warna lembut yang kontras seperti pastel merah muda dan abu-abu juga merupakan salah satu trik menata kamar agar tidak terlihat berantakan walaupun sebenarnya penuh dengan barang.

6. Singkirkan barang yang sudah tidak terpakai

menata kamar dengan menyimpan barang dalam kardus

Menata kamar kos menjadi rapi tidaklah sulit. Asalkan kamu mau merelakan sebagian barang yang dimiliki. Perubahan tren dan kebutuhan terkadang memaksamu membeli banyak barang baru. Barang lama pun teronggok di sudut kamar. Daripada memenuhi ruang dan menjadikannya berantakan, singkirkan saja. Atau jika memang ada barang yang masih bisa digunakan, kamu bisa menatanya dengan rapi di dalam lemari plastik.

Alternatif lainnya, untuk pakaian dan aksesori layak pakai bisa didonasikan. Ingin dijual kembali juga boleh. Penghasilan dari menjual baju bekas bisa ditabung atau dibelanjakan untuk membeli pakaian baru. Lakukan trik menata kamar ini secara rutin, setidaknya 6 bulan sekali.

Sumber : dekoruma.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *